Menghitung Total
Untuk menghitung jumlah total dari seragkaian data, dapat menggunakan beberapa cara. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh perhitungan nilai total dari serangkaian data dengan cara menjumlahkan masing-masing alat sel dan dengan menggunakan fasilitas Autosum.
Langkah untuk menghitung nilai total dengan cara menjumlahkan alamat sel adalah sebagai berikut :
1) Buka workbook baru, pilih sheet 1, dan ketik data di bawah ini :
![]() |
Data angka yang akan dicari nilai totalnya |
2) Di sel E2 akan diisikan rumus untuk menghitungkan nilai total Triwulan 1 yang merupakan hasil penjumlahan data pada sel B2, C2 dan D2.
3) aktifkan pointer mouse pada sel E2, ketikkan rumus =B2+C2+D2, dan tekan Enter
![]() |
Menghitung nilai total dengan menjumlahkan alamat sel |
4) Untuk menghitung nilai totl pada sel E3 dan sel-sel dibawahnya, cukup lakukan prosedur penyalinan rumus.
Langkah untuk menghitung nilai total dengan fasilitas Autosum adalah sebagai berikut :
1) Masih dalam workbook yang sama, ketik kembali data di atas pada sheet 2.
2) Blok sel E2 sampai sel E5 yang akan diisi dengan rumus untuk menghitung nilai total Triwulan 1 dengan menggunakan Autosum.
![]() |
Blok sel data yang akan dicari nilai totalnya |
3) Klik tombol Autosum dalam group Function Library pada ribbon Formulas sehingga hasilnya akan tampak seperti pada layout gambar di bawah ini :
![]() |
Hasil perhitungan nilai total dengan fasilitas Autosum |
Comments
Post a Comment